Just Simple 3D Tutorial

Strip 13: Draw Freely

Posted in cartoon strip by Adminnye on 28 Januari 2009

strip13

Berapa minggu yang lalu temen gue liatin gue bikin komik strip. Terus dia tanya “kok gak pake freeware?”. kemudian turunlah petuah macem2 dari temen gue. Singkat kata, gue sih setuju aja dan berpikir buat ganti haluan pake freeware. Software yang pertama kepikiran yaitu Inkscape, selain karena free juga karena dapat jalan di linux. Maklum lagi getol2nya maenan ama ubuntu. Udah beberapa seri strip gue buat pake inkscape. Setelah memperhatikan beberapa hasil karya dan membandingkannya dengan hasil gambar dari software bajakan, ternyata banyak juga perbedaannya, terutama dari bentuk garisnya. Maklumlah harus belajar pake inkscape segala. Masalah yang muncul yaitu waktu export ke bitmap. Inkscape cuma mendukung format PNG, walau bisa diupload tetapi ada kekurangan terbesar di dalamnya. Ukuran file hasil export terlalu besar, dua kali lipat dari ukuran JPEG. Terpaksa gue harus cari program editor gambar lain supaya bisa merubahnya menjadi JPEG dengan ukuran jauh lebih kecil. Demi menjaga kemurian hasil karya gue dari noda bajakan (gaya buanget dah) akhirnya gue pilih juga GIMP, maklum di ubuntu juga cuma ada GIMP. Hasil akhirnya ternyata memuaskan juga, ukuran file bahkan lebih kecil dari hasil export software bajakan. Menyenangkan juga bikin gambar pake Inkscape, mungkin bisa dijadiin inspirasi buat bikin program serupa, wkwkwkwkwkwk…. ngimpi abis dah….

Tagged with: , ,

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ali said, on 28 Januari 2009 at 6:33 pm

    mampir neh… halah.. opo ..toh


Tinggalkan Balasan

